Agustus 04, 2024
0

 







           

       Berawal dari keinginan  Camat Pudak,  Bapak Darsono, S.Sos., M.M untuk mendirikan musolla di Kantor Kecamatan Pudak, kemudian pada hari Jum'at tanggal 02 Agustus 2024 mengutus salah satu staffnya untuk menghadap ke Ka. KUA Pudak, Bapak Tantowi Mudhofar, S,Ag., M.H.I memohon TIM KUA Pudak dapat memastikan arah kiblat di lokasi yang akan didirikan musolla tersebut sebelum dimulainya pembangunan demi keabsahan sholat  jika nanti digunakan untuk melakukan ibadah. 

   Tujuan pengukuran arah qiblat ini adalah agar pengetahuan masyarakat tentang penentuan arah kiblat meningkat dan lebih baik, serta menghindari adanya kesalahan dalam menentukan arah kiblat ketika mengerjakan shalat di  musholla ini kemudian hari. Selain itu, supaya masyarakat pudak dapat memahami pentingnya kalibrasi arah kiblat yang dimulai dari tingkat Pemerintahan Kecamatan Pudak  sebagai contoh  bagi masjid/musolla yang belum melakukannya.

    Pada hari Senin 05 Agustus 2024 Tim KUA meluncur ke lokasi hendak didirikannya pembangunan Musolla yang dipimpin oleh Ka. KUA Pudak bersama P3K Sdr. Tri Muar dan Sdr. Nasuka serta PAH Sdr. Muhyiddin untuk melakukan pengukuran arah kiblat dengan mengunakan Kompas, Busur Arah Kiblat dan alat penunjang lainnya. Kedatangan TIM disambut oleh Staf Kecamatan dan langsung bekerja untuk menentukan arah kiblat pada lokasi pembangunan musholla. Pada pengukuran tersebut  disaksikan beberapa Staf Kecamatan Pudak. Pada akhirnya arah kiblat yang diharapkan dapat ditentukan dengan baik dan diberikan tanda berupa garis lurus berupa pemancangan benang untuk memudahkan penentuan pembangunan selanjutnya.




0 komentar:

Posting Komentar