Agustus 24, 2023
0

 Kabid Penais Zawa Kanwil mengadakan Monitoring Kampung Zakat di Ds. Tambang











          Kampung Zakat merupakan salah satu program sinergi antara Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan Basnaz (Badan Amil Zakat Nasional) dan lembaga pengelola zakat lainnya. Kampung Zakat digulirkan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan mengungkit ekonomi umat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah 3T.

       Termasuk di kabupaten Ponorogo Kemenag. Ponorogo mengawali Louncing kampong zakat di ujung kulon kabupaten Ponorogo yaitu di Desa Pohijo setelah etahun lamanya kampong zakat di desa pohijo berjalan kemudian meloncing kampong Zakat di ujung timur tepatnya di kec. Pudak dan yang dipilih sesuai konsulidasi antara Kepala KUA. Pudak Bapak Tantowi Mudhofar., S.Ag., M.HI dengan bapak Camat Suwadi., SH.MM., yaitu ds. Tambang karena desa tersebut adlah desa kecil dan termiskin dibandingkan dari desa desa lainnya di kecamatan pudak. Adapun louncing kampong Zakat Ds. Tambang dibuka oleh. Bapak Dr.HM.Nurul Huda., M.Pd selaku kepala kemenag. Kab. Ponorogo. Dan pada waktu itu Diawali dengan kegiatan Bakti social HAB. Kemenag. Ponorogo dengan pembangian sembako tidak kurang dari 200 paket dan pengobatan gratis bagi warga miskin.

Dan selama ini dikampung zakat tersebut telah disalurkan dana bantuan untuk warga miskin yaitu berupa Plesterisasi sejumlah 15 rumah dan bantuan bagi 10 UMKM di desa tersebut untuk pengembangan okonomi warga miskin dengan harapan dengan dana per UMKM/ 1 juta Rupiah itu dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan derajat masyarakat miskin /mustahik naik menjadi muzakki. Dan dihari raya idhul adha 1444 H. kemari dari kemenag. Juaga menyalurkan hewan qurban berupa 1 sapi dan dari LAZ IAIN ponorotgo menyalurkan 4 kambing.

Tersmasuk kegiatan pembinaan bagi takmir masjid dan remaja masjid dan ibu ibu PKK juga telah diadakan Pembinaan oleh POKJALUH dan pah. Termasuk sosialisasi sertifikasi halal bagi pengusaha makanan dan warung.

Pada Hari Kamis 24 Agustus 2023 untuk melihat seberapa jauh kegiatan di kampong zakat maka kabid penaiszawa Kanwil kemenag. Jawa Timur Bapak. H Mufi Imron Rosyadi M.EI bersama TIM mengadakan monitoring langsung ke Rumah dan Toko Klontong  penerima maanfaat baik berupa plesterisasi dan dana UMKM. Dan sebelum meninjau langsung ke lokasi bapak kabid mampir di Balai Desa tambang disambut oleh kepala desa TUGIONO, PAH dan P3K Kua Pudak. Dalam sambutannya bapak kepala desa meminta kepada bapak kabid penaiszawa untuk membantu pengentasa kemiskinan di desa tambang dengan dana zakat produktif yang digunakan untuk peternakan kambing termasuk alat alat pembuatan pupuk dan alat pembuatan pakan ternak karena desa tambang sangat cocok untuk berternak, kambing atau pun sapi perah.

Bapak kabid daam sambutnnya mengatakan dan mengharapkan agar kampong zakat di tambang ini betul betul mampu meningkatkan dan mengentaskan kemiskinan bagi warganya yang sebelumnya mustahik meningkat menjadi muzakki beliau menharapkan pula agar ibu penyelanggara zawa kemnag. Ponorogo mampu mengkoordinir dan memotifasi LAz yang ada dionorogo untuk menyalurkan dana zakat dan bantuannya ke kampong Zakat desa Tambang kec. pudak


0 komentar:

Posting Komentar